Membuat Kandang Lalat BSF Yang Bagus

Membuat kandang lalat BSF untuk pengembangbiakan lalat BSF merupakan langkah penting karena membuat kandang lalat BSF memudahkan perawatan dan pengendaliannya. Selain itu, hal terpenting yang akan memudahkan kita dalam memanen telur BSF adalah penetasan.

Kunci dari pengembangbiakan maggot adalah memiliki telur yang banyak sehingga dapat memiliki banyak maggot untuk penggunaan pribadi bahkan untuk dijual.

Untuk mencapai hal tersebut, kandang lalat BSF yang disukai lalat BSF dapat membuat lalat Anda lebih sehat, lebih siap kawin dan menghasilkan telur secara optimal.

Dimulainya pembangunan lalat BSF

Perencanaan

Sebelum Anda mulai membangun kandang, langkah penting adalah membuat rencana.

Perencanaan bukan hanya tentang bentuk fisik bangunan dan menghitung biaya serta material yang akan Anda gunakan.

Tujuan

Anda juga harus mempertimbangkan tujuan pertanian BSF. Misalnya, produk maggot apa yang ingin Anda buat? Berapa banyak persediaan yang ingin Anda lakukan dan sebagainya.

Tidak peduli seberapa besar atau kecil skala bisnis Anda, memiliki kandang seperti lalat adalah suatu keharusan untuk memastikan Anda dapat dengan mudah mengumpulkan telur lalat BSF.

Karena Anda baru memulai beternak sapi, umumnya yang terbaik adalah memulai dari yang kecil, tetapi pertimbangkan untuk mengembangkan bisnis Anda ke tingkat yang lebih tinggi. Terutama untuk ruang kerja yang mendukung perkembangan bisnis Anda.

Kekuatan

Untuk budidaya maggot skala kecil, Anda bisa membuat kandang sederhana di rumah dari bahan bekas. Penting untuk diingat bahwa kekuatan kandang dapat digunakan setidaknya selama 3-5 tahun, sehingga tidak merepotkan untuk membangun kandang baru setiap tahun.

Jika Anda sedang mencari informasi terbaru tentang cara membuat lalat BSF, Anda telah datang ke tempat yang tepat.

Disini kami telah menyiapkan 3 langkah untuk membangun kandang seperti tahun BSF:

  • Pilih tempat yang cocok untuk kandang
  • Ukuran kandang penerbangan diperlukan
  • Perlengkapan yang harus ada di kandang

Lihat penjelasan detailnya di bawah ini.

Pilih tempat yang cocok untuk kandang

Tentu saja, ketika memilih tempat untuk kandang lalat, Anda harus mempertimbangkan tujuan kandang, yaitu. mendapatkan telur BSF (Black Soldier Fly) dalam jumlah banyak. Untuk mencapai tujuan ini, kandang harus memberikan rasa nyaman pada lalat. Terutama untuk aktivitas kawin lalat.

Artinya, lokasi kandang tidak boleh menjadi area lalu lintas manusia atau banyak ayam atau anjing liar, kucing yang takut lalat dan tidak mau berlindung.

Predator

Orang dan hewan akan menakut-nakuti mereka dan mereka tidak akan mau bergabung, jika mereka tidak mau bergabung karena takut banyak orang yang lewat, tentu saja Anda akan kalah karena Anda pasti akan mendapatkan lebih sedikit telur dari yang seharusnya.

Manusia, ayam, anjing, kucing, bebek adalah “pemangsa” yang menjauhkan lalat dan tidak mau kawin, jadi usahakan agar lokasi kandang bebas dari pemangsa. Predator tidak hanya berburu lalat, tetapi juga mengganggu aktivitas kawin.

Luas kandang minimal

Ukuran kandang penerbangan diperlukan

Ukuran kandang tergantung pada tujuan pembiakan. Tak perlu dikatakan, ukuran kandang tentu akan menampung banyak lalat.

Tentu saja, jika area kandang terlalu kecil, Anda tidak bisa mengharapkan banyak hasil. Namun jika terlalu lebar dan isinya sedikit, berarti lalat juga tidak bisa kawin.

Jadi buatlah sangkar dengan ukuran minimal PXLXT = 2x2x2 M2. Ini setidaknya harus dikurangi tidak lebih dari minimum yang lebih baik.

Kenapa minimal 2x2x2?

Lalat BSF adalah lalat serangga besar yang terbang seukuran ini dengan kecepatan tinggi. Terkadang dalam penerbangan, ketika ukurannya di bawah minimum, mereka menabrak dinding kandang, merusak atau mematahkan sayapnya dan tidak dapat membentuk pasangan.

Perlu diketahui bahwa aktivitas kawin lalat memerlukan pertarungan lanjutan di dalam kandang, dimana lalat betina tidak ingin langsung kawin, tetapi ingin kabur dan dikejar lalat jantan seperti di film-film India.

Dan hanya lalat jantan terkuat dan tersehat yang bisa membuat betina bertekuk lutut. Ketika lalat jantan tidak terbang dengan baik, sayapnya patah ketika mengenai dinding sangkar yang sempit. Tentu saja, tidak akan ada proses kawin. Ketika ini terjadi, Anda lelah untuk apa-apa karena hasilnya pasti kurang.

Alat dan perlengkapan kandang

Perangkat di dalam kandang penting untuk mendukung kelancaran operasional sehari-hari. Hal ini sering diremehkan oleh peternak yang belum berpengalaman, sehingga mengakibatkan pekerjaan menjadi tidak efisien karena beberapa peralatan terlupakan dan harus keluar masuk kandang.

Pekerjaan aneh seperti ini tentu saja sangat merugikan bagi peternak itu sendiri, karena menimbulkan kegugupan dan kegelisahan para “raksasa” yang keluar masuk kandang. Lagipula, mereka tidak ingin menikah.

Kerugiannya jelas, jika mereka tidak mau bergabung, hasil telurnya turun. Dan Anda adalah pecundang besar.

Perangkat apa yang ada di dalam kandang?

Ketika kita mengunjungi petani di berbagai daerah, kita sering menemukan bahwa “kebiasaan” itu berantakan dan kotor. Di kandang BSf, seperti tas Doraemon, semuanya ada di dalam sangkar.

Dimulai dengan pel, sapu, sapu, ember, tidak ada yang diperlukan. Oleh karena itu, kebiasaan kecil adalah kunci sukses dalam bisnis. Anda harus disiplin dengan hanya menggunakan peralatan kandang sesuai petunjuk. Sisanya dibersihkan dan dibuang.

Mengapa harus rapi dan bersih?

Selain tidak sedap dipandang, kelemahan lainnya adalah lalat BSF dapat bertelur di tempat yang tidak kita inginkan. Bahkan jika kita harus mengaturnya untuk bertelur pada titik tertentu, yang membuat pengumpulannya lebih mudah.

Belum lagi masalah sarang pemangsa dan tempat persembunyian pemangsa seperti biawak, tokek, laba-laba, kecoa, yang kesemuanya sangat menyukai “rasa” lezat telur BSF.

Jadi, jika Anda ingin sukses, kebiasaan bisnis yang buruk ini harus dihilangkan. Sekalipun pada awalnya masih bereksperimen, belajar, ingin tahu, dll, kebiasaan dan disiplin yang benar harus diterapkan.

Perangkat berikut harus ada di kandang

  • nampan telur
  • wadah minum
  • Wadah untuk bahan organik
  • bingkai di depan boneka
  • tentu saja berhasil
  • higrometer

Baki Telur BSF

Wajan telur BSF dapat berupa:

  • potongan karton,
  • Plastik inframerah atau
  • Kayu.

Kekuatan dan kelemahan

Kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis egg tray BSF adalah sebagai berikut:

Potongan karton lebih mudah didapat dan dapat menjaga telur tetap hangat, namun agak sulit bagi pemula yang penasaran ingin melihat dan menghitung jumlah telur karena bidang potongan karton seringkali tidak rata dan sulit dilihat.

Plastik infraboard sering digunakan pada awalnya karena dapat terlihat lebih bagus saat dipotong dan memudahkan pemula untuk melihat telur BSF. Selain itu, dapat berfungsi selama bertahun-tahun, karena dapat dibersihkan dan dicuci jika perlu.

Sedangkan penggunaan kayu split lebih banyak digunakan oleh peternak yang sudah memiliki kapasitas telur yang besar. Selain praktis juga bisa digunakan dalam waktu lama.

Kelemahan dari ketiganya adalah cara merawat wadah itu sendiri. Idealnya, wadah telur harus “di-microwave” sebelum digunakan kembali, untuk menghilangkan jamur dan sumber penyakit lain yang dapat menyebabkan kesalahan penetasan.

Wadah minum

Lalat tidak bisa berenang

Lalat BSF tidak makan sepanjang hidupnya dan hanya minum. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu memberi mereka air minum agar mereka dapat bertahan hidup dan berkembang biak serta menghasilkan telur seperti yang diharapkan.

Kebersihan juga harus dipertimbangkan ketika menyediakan fasilitas untuk fly-tipping. Ganti air minum dan bersihkan wadah setiap hari. Jangan pakai sabun, gosok saja.

Selain dibersihkan setiap hari, wadah minum juga harus ditutup agar sayap lalat tidak basah saat minum. Jika sayap lalat basah, itu akan mencegah lalat terbang dan kawin.

Perhatikan juga bahwa lalat BSF tidak bisa berenang. Sehingga jika berhati-hati, akan banyak lalat BSF yang mati di sekitar area minum / litter box.

Sparying Kandang Lalat

Untuk memperpanjang umur lalat, selain mensuplai air melalui wadah yang kami sediakan, ada cara lain dengan menaburkan kandang dengan butiran halus.

Tujuan dari semprotan lembut ini adalah untuk memastikan bahwa tetesan air kecil menempel pada dinding kandang. Ibarat ATM, tidak harus jauh dan capek terbang ke tempat minum, tapi dekat.

Ingat, saat Anda menyemprot, usahakan seperti hujan yang turun dari langit, agar pekerjaan penyemprotan tidak langsung menyentuh lalat dan tidak basah.

Wadah untuk bahan organik

Menawarkan bahan organik seperti sisa pasar (sayuran atau buah-buahan), pupuk kandang (sapi, kambing, kelinci, ayam, bebek, babi dll) atau sampah (sisa tahu, sisa bir, sisa kelapa, kotoran kelapa dll) menarik lalat BSF, bertelur.

Dengan menyediakan wadah yang berisi bahan organik ini, kami berharap lalat BSF akan fokus bertelur di area atau spot yang kami pilih, daripada bertelur sembarangan di sembarang tempat.

Dengan cara ini Anda akan lebih mudah mengumpulkan telur BSf dan sebaliknya, jika berantakan Anda akan mendapat masalah dan kehilangan banyak “uang” (telur) karena kami tidak dapat mengumpulkan (mengumpulkan) mereka.

Memecahkan kekacauan BSF

Jika Anda mengalami masalah telur BSF tidak teratur di mana-mana, berarti siklusnya sudah berakhir. Sebelum memulai siklus baru, bersihkan kandang agar bau yang tersisa memudar dan tidak menjadi pemicu lalat untuk bertelur di tempat yang tidak kita inginkan.

Cara ini sangat efektif, seperti halnya peternak unggas yang mengosongkan dan membersihkan (mensterilkan) kandang di akhir siklus.

Kebiasaan buruk

Banyak petani juga menggunakan bahan organik seperti Puri Ayam sebagai sarana menarik lalat BSF untuk bertelur, ini tidak buruk tetapi bertentangan dengan prinsip ekonomi. Menggunakan bahan organik seperti ayam tumbuk, pelet dan dedak padi meningkatkan biaya.

Ini akan menjadi kebiasaan di masa depan dan akan sulit untuk diubah. Kerugian utama adalah Anda tidak akan mencapai tujuan bisnis Anda untuk mengurangi biaya makanan, bahan-bahan ini harus memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi daripada sampah, pupuk kandang atau limbah. Jadi cerdaslah dalam berbisnis.

Bau favorit lalat BSF

Lalat BSF sangat menyukai bau yang tajam, asam, bau tajam ini biasanya didapat dari buah-buahan seperti nanas, nangka dll.

Beberapa peternak menawarkan bahan-bahan yang difermentasi sebelumnya sehingga aroma batangan yang diharapkan dapat mendorong BSF untuk bertelur.

Hal ini legal di awal atau pada tahap awal, tetapi tidak pada skala lanjutan, karena fermentasi bahan organik membutuhkan energi, waktu dan biaya tambahan, yang menambah biaya produksi maggot.

Ukuran dan jumlah wadah

Ukuran wadah yang umum digunakan dapat berupa ember, baki, atau drum. Mudah menyesuaikan ukuran dengan ukuran kandang.

Saat menghitung luas kandang, jumlah nutrisi organik dalam kandang juga harus diperhitungkan. Tujuannya agar aromanya sangat menarik bagi lalat. Jika kandang Anda berukuran 2 x 2 x 2, cukup sediakan wadah dengan 3-4 set tempat telur.

Tetapi jika kandangnya besar, Anda perlu menyediakan lebih banyak bahan organik. Berhati-hatilah, jika lalat di dalam kandang tidak masuk ke wadah tempat mereka bertelur, Anda mungkin perlu menambah jumlah substrat lagi.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah arah angin. Jika sangkar Anda berada di ruang terbuka sehingga angin dapat mengalir masuk dan keluar dengan bebas, bau media yang ada akan hilang bersama angin. Jadi pastikan kandang Anda terlindungi dan Anda mungkin perlu menutupi kandang dengan plastik bening.

Rak Prepupa

Bahan Material

Ukuran rak boneka dapat disesuaikan dengan jumlah nampan yang disimpan di rak. Bahan untuk rak bisa dari kayu, bambu, plastik, besi, dll. Plastik adalah yang terbaik karena mudah dibersihkan.

Rak kotor dan harus dibersihkan setidaknya setiap 6 bulan. Menggunakan bahan plastik atau besi lebih mudah dibersihkan dibandingkan bahan kayu yang menyerap air.

Rak wayang harus disiapkan agar nampan sangkar lebih rapi. Ukuran rak menyesuaikan dengan ukuran kandang dan jumlah nampan yang disimpan di dalam kandang.

Matahari dan hujan

Sesuai dengan namanya, pra-pupa stand berfungsi sebagai tempat penyimpanan pupa. Anda harus memahami bahwa rak ini harus terlindung dari sinar matahari langsung dan hujan atau air mengalir.

Di bawah sinar matahari langsung, rak memanas dan kondensasi terjadi, menyebabkan air “berkeringat” di sisi baki di dalam rak. Uap air “keringat” ini memungkinkan pupa keluar dari wadahnya karena pupa tidak menyukai air atau kelembapan.

Memberikan perlindungan tambahan, seperti: kain karet atau tirai pada bingkai boneka untuk mencegah air masuk dari hujan atau perawatan semprot.

Abad sebelum boneka

Pra-pupa berubah menjadi pupa dalam waktu sekitar 7 hari, dan 7 hari kemudian menetas menjadi lalat BSF. Jumlah hari tergantung pada situasi dan kondisi cuaca setempat.

Daun pisang kering “Klaras”.

Alat lain yang harus ada di dalam kandang adalah daun pisang yang benar-benar kering.

Fungsi

Tujuan penambahan daun pisang kering Klaras adalah untuk meningkatkan hasil lalat. Jadi walaupun kandangnya kecil 2x2x2. Penambahan daun clara meningkatkan kapasitas lalat BSF.

Daun Clara di dalam sangkar juga merupakan tempat lalat dapat duduk dan mencari perlindungan di saat hujan atau kondisi cuaca ekstrim seperti angin kencang, dan merupakan tempat bersembunyi ketika ada pemangsa atau ancaman.

Panjang lengan Klaras disesuaikan dengan tinggi pekerja yang masuk dan keluar kandang. Tingginya harus lebih tinggi dari kepala pekerja untuk menghindari menyentuh daun Clara di kandang atau bertabrakan dengan kepala petani.

Jika terlalu panjang dan menggantung, mungkin akan menabrak kepala atau tubuh peternak, menakuti lalat.

Massa

Jumlah daun klaras yang menggantung tidak boleh terlalu besar atau terlalu kecil, biasanya jaraknya 20-30 cm.

Saran

Claras bekas sebelum dipasang sebaiknya dicuci dan dibersihkan terlebih dahulu, atau cukup dicek dan dipastikan tidak ada predator di dalamnya.

Pencucian ini untuk memastikan tidak ada sarang laba-laba atau cicak di dalamnya. Setelah dicuci dan dikeringkan, lembaran Klaras siap digunakan.

Higroeter

Pengukur kelembaban

Perangkat ruangan lainnya adalah higrometer yang merupakan alat penting untuk budidaya BSF. Menggunakan hygrometer sangkar sebagai alat untuk mengukur kelembapan di dalam sangkar.

Alat ini dapat menampilkan data kelembaban mutlak dan kelembaban, atau keduanya ditampilkan dalam %, agar kita mudah membacanya.

Jenis dan fungsi higrometer yang beredar di pasaran sangat beragam. Ada standar untuk mengukur cuaca secara umum, basah atau kering. Jenis lainnya adalah perhitungan kelembaban (moisture). Kami membutuhkan semacam pengukuran kelembaban relatif (RH).

Fungsi utama budidaya BSF adalah

Ketahui kelembapan di dalam ruangan.

Memahami dan mempraktikkan pemantauan kelembaban yang baik.

Meteran ini menampilkan tanda angka atau persentase (%) dan diberikan dalam derajat Celcius.

Cara Penggunaan

Cara termudah adalah dengan meletakkannya atau meletakkannya di dalam sangkar.

Tempatkan di dekat pintu kandang karena ini adalah area yang sering diakses, sehingga mudah untuk dipantau atau direkam.

Yang paling penting saat membeli adalah Anda tinggal menekan ON tanpa harus melakukan pengaturan awal (tanyakan pada penjual Anda).

Keuntungan

Dengan alat ini terpasang, tugas Anda adalah mencatat suhu, kelembapan, dan kecepatan lalat yang secara aktif berasosiasi satu sama lain setiap hari. Jika Anda memiliki data ini, Anda akan peka terhadap cuaca yang ingin mereka ikuti.

Jadi Anda akan bertindak sedemikian rupa sehingga frame dibuat dekat dengan data yang Anda miliki. Misalnya, jika suhu terlalu tinggi, semprotkan untuk mendekatkan situasi ke suhu penutup.

Metode ini akan selalu memastikan hasil telur maksimal ketika pesaing terlalu panas dan gagal kawin.

Teknik kerja dalam produksi kandang BSF

  • Siapkan alat dan bahan
  • Buat kerangka
  • Buat bagian bawah kandang
  • membangun dinding kandang
  • Membuat atap kandang

Siapkan alat dan bahan

Alat dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk berlatih membuat dasar kandang lalat BSF mulai dari gergaji, amplas, palu, meteran, dan pensil.

Buatlah bingkai!

Ketinggian kaki sangkar lalat biasanya sekitar 10 cm. Jumlah kaki kandang diatur oleh panjang kandang itu sendiri.

Semakin panjang kandang, semakin banyak pasangan kaki yang dibutuhkan untuk menopang berat dan berdiri.

Saat membuat bingkai, jangan lupa untuk mengukur ukuran atap kandang.

  1. Membuat bagian bawah kandang

Saat bingkai selesai, Anda perlu mengukur bagian bawah kandang.

Bagian bawah kandang harus disemen untuk memudahkan pembersihan dan untuk menghindari semut.

  1. Fabrikasi dinding kandang

Kelambu dengan bukaan kecil biasanya digunakan pada dinding kandang lalat untuk mencegah lalat kabur.

Struktur kandang seperti kayu atau lipatan harus berada di luar kandang seolah-olah di dalam kandang akan ada lipatan yang berpotensi dilapisi lalat di area tersebut.

Produksi pintu kandang tergantung dari ukuran kandang. Idealnya, ukuran pintu kandang sebaiknya sedikit lebih kecil dari ukuran pintu depan untuk memudahkan aktivitas keluar masuk kandang.

Dan untuk pintu sebaiknya menggunakan gorden atau pintu ganda agar saat membuka dan menutup pintu lalat tidak kabur.

  1. Buat atap kandang

Bagian atas kandang harus transparan. bahan yang digunakan bisa menggunakan bahan plastik bergelombang. Plastik transparan untuk membiarkan sinar matahari masuk ke kandang. Dan cukup kuat untuk menahan angin dan hujan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.